Sukses Lantik 7.169 PTPS, Fitri: akan Kami Asah Ujung Tombak Kami di TPS

updatenusantara.com, Jakarta – Bawaslu Kota Jakarta Barat resmi melantik 7.169 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Acara pelantikan yang dilaksanakan pada Senin, 22 Januari 2024 itu serentak digelar delapan kecamatan se-Jakarta Barat.

PTPS terbanyak kedua se-DKI Jakarta itu terbagi ke dalam delapan kecamatan antara lain Kecamatan Tamansari 384 orang, Kecamatan Palmerah 655 orang, Kecamatan Grogol Petamburan 690 orang, Kecamatan Tambora 779 orang dan Kecamatan Kembangan 850 orang.

Sedangkan untuk PTPS dengan jumlah di atas seribu orang terdapat di Kecamatan Kebon Jeruk 1005 orang, Kecamatan Kalideres 1237 orang dan Kecamatan Cengkareng 1569 orang.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat (SDMOD) Bawaslu Kota Jakarta Barat, Fitriani, ikut antusias karena PTPS pada pemilu 2024 kali ini batasan usia minimal 21 tahun yang mengarah pada keterlibatan anak muda dalam proses pengawasan di TPS. Selain itu, Fitri mengungkapkan bahwasanya pada pemilu 2019 lalu banyak persoalan yang terjadi khususnya faktor kelelahan.

“Kami berharap pemilu 2024 kali ini bisa lebih efisien dibanding pemilu 2019 lalu. Tentu hal ini berkaitan dengan peraturan di lingkungan TPS yang bermuara pada peraturan KPU karena bagian kami adalah penegakkan hukum pemilu” tegas Fitri.

Fitri menambahkan, bimbingan teknis (bimtek) kepada PTPS yang akan dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan harus dimaksimalkan. Koordinasi yang terus Fitri lakukan bersama jajaran pengawas di delapan kecamatan terkait persiapan bimtek tersebut, dinilai sebagai langkah penting untuk membangun sumber daya manusia pengawas yang berintegritas.

“Akan kami asah semaksimal mungkin ujung tombak kami di TPS,” pungkas Fitri kepada redaksi Pedenus.

 

 

 

reporter: DN

editor: DN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *